Syafaat

Analis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi....

Selengkapnya
Diskusi Kurikulum di Cafe & Resto Java Riverside

Diskusi Kurikulum di Cafe & Resto Java Riverside

Malam itu saya diundang para Kepala Sekolah di sebuah Cafe & Resto untuk membahas bedah Kurikulum 2013. Sebenarnya saya ragu untuk menyanggupi undangan tersebut, dengan mengingat sudah lama saya tidak berkutat pada masalah kurikulum. Namun para guru tersebut “memaksa” saya untuk datang, setidaknya menikmati hidangan yang disediakan Resto & cafe tersebut dengan menikmati permandangan alam di lereng pegunungan.

Saya menganggap bahwa inti dari semua kurikulum adalah sama, karena sebaik apapun sebuah konsep atau teori, namun jika tidak didukung oleh tenaga pendidik yang “mumpuni” tidak akan membuahkan hasil yang maksimal, karena pendidikan bukan sekedar bagaimana seorang pendidik didepan peserta didiknya menyampaikan materi dan peserta didik mendengarkannya. Tetapi bagaimana pendidik dapat menggali potensi secara maksimal dari peserta didik tersebut.

Gerakan perubahan menjadikan peserta didik semakin aktif terus berlanjut hingga sekarang dan para guru terus menerus didorong untuk dapat menerapkan konsep pembelajaran aktif dalam setiap praktik pembelajaran siswanya. Begitulah diskusi yang kami kembangkan malam itu, terlebih dalam pembelajaran Agama Islam dimana misalnya dalam Ibadah sholat, dalam beberapa hal ada sedikit perbedaan (meskipun pada amalan sunah), namun perlu dijelaskan kepada siswa, terlebih jika sebuah lembaga pendidikan yang ada tersebut peserta didiknya dari ormas Islam yang beragam, dimana biasanya ada perbedaan amalan atau bacaan (sunnah).

Saya salut dengan para pejuang pendidikan ini, terlebih bagi guru swasta di lembaga swasta yang sangat gigih mencerdaskan anak bangsa dengan nilai nilaim luhur keagamaan. Merela “rela” diskusi hingga larut malam untuk peningkatan pengetahunan dan saling berbagi dalam pengajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

terimakasih pencerahannya

07 Jan
Balas

sami sami

08 Jan

sami sami

08 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali