Syafaat

Analis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi....

Selengkapnya
Aplikasi SPJ Dana Bos Yang Menantang

Aplikasi SPJ Dana Bos Yang Menantang

Sebuah Aplikasik dibuat untuk memudahkan pe/kerjaan jika sebuah aplikasi akan menyulitkan dan mempersulit pekerjaan, maka perlu dipertanyakan fungsi aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi ofline maupun online pengerjaan Surat Pertanggung Jawaban Dana BOS telah digunakan beberapa pengelola, dan terbukti aplikasi tersenut mempercepat dan mempermudah pengerjaan pembukuan wajib yang ada disetiap sekolah tersebut. Namun aplikasi tersebut hanya untuk mempermudah pengerjaan SPJ dana BOS, belum sampai pada tahap bagaimana SPJ yang sudah dikerrjakan tersebut diverifikasi secara online.

Penerapan E-SPJ yang digunakan pada Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi dirancang agar pengelolaan Dana BOS dapat dikontrol oleh Kementerian Agama, karena SPJ yang sudah dikerjakan oleh Bendahara tersebut tidak dapat dicetak sebelum diverifikasi. Penggunaan dana dalam SPJ juga tidak dapat keluar dari Pagu yang sudah ditetapkan bersama Komite yang dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM).

Sebuah “gemes” baru bagi bendahara sekolah, dan begitu juga dengan saya sebaqgai salah satu verifikator SPJ tersebut, karena kita tidak perlu bertatap pandang untuk verifikasi sebuah SPJ, namun cukup secara online. Saya juga tidak harus membuka Laptop untuk verifikasi E-SPJ.. Piranti saksi bernama Handphone dapat membuka E-SPJ sehingga saya bisa memverifikasi SPJ yang dikerjakan ratusaan lembaga tersebut dan memberikan catatan seperlunya jika SPJ yang dikirim belum memenuhi standart dan mengembalikan kepada para Bendahara.

Selain di Kantor, biasanya saya memverifikasi SPJ ini ketika saya berada di Taman Kota dimalam hari, disamping refresing bersama keluarga, setidaknya saya dapat memanfaatkan WIFI Gratis yang disetiakan pemerintah di taman tersebut ketika saya membuka Handphone saya. Bendahara sekolah juga dapat menghemat anggaran Perjalanan dinas, karena tidak ada lagi perjalanan dinas untuk verifikasi SPJ. Sebagsaimana beberapa Madrasah juga sudah mengurangi anggaran penggandaan naskah soal jarena melakukan ujian berbasis komputer.

Dalam pengerjaan E-SPJ, Bendahara cukup mengerjakan BKU sesuai dengan nota dan kwitansi pengeluaran, yang formatnya dibuat setahun dimana dalam BKU ini mereka dapat mengontrol apakah pengeluaran dana BOS tersebut ada dalam RKAM ataukah tidak, kemudian Dku ini dikirim online untuk di verifikasi oleh tgim verifikaator Kabupaten. Dan setelah Bku dinyatakan benar, maka akan dikirim kembali secara onlie kepada Bendahara untuk dicetak BKU dengan format perbulan termasuk kwitansinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

super sekali pak Syafaat

09 Jan
Balas

Aplikasi dan perkembangan tehnologi untuk memudahkan kerja

09 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali